Headlines News :
Home » , » Bagaimana Al-Qur'an diturunkan ?

Bagaimana Al-Qur'an diturunkan ?

Written By Abu A'la on 14 Maret 2013 | 21.18

Al-Qur'an yang berada di hadapan kita ini, yang terdiri dari 30 Juz , 114 Surat, dan 6.666 Ayat ( terdapat perbedaan pendapat sebagian ulama mengenai jumlah ayat ),ternyata ada beberapa cara diwahyukanya kepada baginda Nabi Muhammad s.a.w. melalui perantara Malaikat Jibril a.s.


Adapun cara caranya adalah sbb.


1. Malaikat Jibril a.s.memasukkan wahyu ke dalam hatinya. Maka dalam hal ini Nabi Muhammad s.a.w. tidak melihat apapun, hanya merasa bahwa itu sudah berada di dalam kalbunya . Sebagaimana sabda Beliau " Ruhul qudus mewahyukan ke dalam kalbuku " Firman Allah surat as Syura : 51 yang artinya ;

Dan tidak ada bagi seorang manusiapun bahwa Allah berkata kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau di belakang tabir atau dengan mengutus seorang utusan(malaikat) lalu diwahyukan kepadanya dengan seizin-Nya apa yang Dia kehendaki.  Sesungguhnya Dia Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana.



2. Malaikat Jibril a.s. menampakkan dirinya kepada Nabi berupa seorang laki laki yang mengucapkan kata kata kepadanya sehingga beliau mengetahui dan hafal benar akan kata kata itu.



3. Wahyu datang seperti gemerincingnya lonceng. 

Cara inilah yang amat berat dirasakanya oleh Nabi. Terkadang di keningnya perpancaran keringat, meskipun di musin dingin. Kadang unta beliau terpaksa berhenti dan duduk karena terasa amat berat, bila wahyu itu sedang diturunkan ketika beliau mengendarai unta. Diriwayatkan oleh Zaid bin Tsabit : " Aku adalah penulis wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah. aku lihat Rasulullah ketika turunya wahyu itu seakan akan diserang oleh demam yang keras dan keningnya bercucuran seperti permata. Kemudian setelah selesai, barulah beliau kembali seperti biasa " . 



4. Malaikat Jibril a.s. menampakkan dirinya kepada nabi, tidak berupa seorang laki laki, tetapi benar benar dalam wujud aslinya.  Hal ini tersebut dalam surat An Najm : 13-14 yang artinya ;

Sesungguhnya Muhammad telah melihatnya pada kali yang lain ( kedua ). Ketika ( ia berada ) di Sidratulmuntaha .



Demikianlah cara cara Al-Qur'an diwahyukan oleh Allah s.w.t kepada Nabi muhammad s.a.w dengan perantara Malaikat jibril a.s.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Cuplikan Video Metode Granada

how do you make a gif
METODE GRANADA, sistem 4 langkah 8 jam bisa menerjemah Al-Qur'an ----------------------------------------------------------------- CUPLIKAN VIDEO METODE GRANADA

Popular Posts

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

 
Support : Tuntunan Muslim | Metode Granada | Kamus Induk Al-Qur'an
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SARANA TA'LIM - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template